BMKG: Bandung dan Jawa Barat Waspada Hujan Petir!

Siti Fatimah, Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 11:57 WIB
ilustrasi hujan
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Bandung -

Hujan deras mengguyur Bandung Raya sejak dini hari Selasa (21/4/2020). BMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang kadang disertai petir masih akan terjadi hingga siang hari.

"Telah terjadi kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga lebat kadang disertai petir pada dini hari pukul 01.00 WIB di wilayah Bandung Raya dan sekitarnya," ucap prakirawan BMKG Bandung M Iid dalam keterangannya.

Lebih lanjut Kepala BMKG Bandung Tony Wijaya menyampaikan ada tiga faktor penyebab hujan deras mengguyur dini hari. "Penyebab hujan dilihat dari tiga faktor. Dari faktor lokal, berdasarkan pantauan Citra satelit terdapat pembentukan awan kumulonimbus di sekitar wilayah Bandung Raya dan sekitarnya pada pukul 00.40 WIB." Kata Tony saat dihubungi detikcom, Selasa (21/4/2020).

Lebih lanjut Tony menjelaskan dari faktor regional. Menurutnya, ada daerah belokan angin (shearline) di Jawa Barat bagian tengah, timur, dan selatan serta adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah.


"Sedangkan faktor global terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang masih cenderung hangat sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan konvektif potensial hujan," jelasnya.

Curah hujan berdasarkan pengukuran pos hujan, intensitasnya beragam, mulai 12,0 milimeter hingga 54,0 milimeter.

Sementara itu, prediksi BMKG pada siang hari sampai sore secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Depok, Bandung, Sumedang, Subang, Purwakarta, Bekasi, Cirebon, dan Indramayu.


Berbeda pada malam hari, secara umum berawan hingga hujan ringan. Berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Cirebon, Kuningan, Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Karawang, Subang, Purwakarta, Garut, Indramayu, Cirebon dan Tasikmalaya.

BMKG merilis peringatan dini di sejumlah wilayah Jawa Barat berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam dan dini hari di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Karawang, Subang, Garut, Bandung, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Tasikmalaya, Cirebon, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Indramayu.

Simak juga video Tak Hanya di Solo, Fenomena Ribuan Cacing Juga Muncul di Klaten:

(dir/ern)