Kabupaten Bandung Berlakukan 16 Check Point Saat PSBB

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 15:05 WIB
Ilustrasi Corona
(Foto: Ilustrasi Corona)
Bandung -

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung telah mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Parsial ke Kementerian Kesehatan. Nantinya, akan ada 16 titik check point yang akan diberlakukan apabila pengajuan tersebut disetujui.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Bandung, Kombes Hendra Kurniawan selaku wakil ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung.

"Mengacu pada data saat ini, kita melihat data yang positif baru 20 meninggal dua orang. Artinya dari data yang saya pelajari tidak akan terjadi PSBB besar tapi parsial saja. Gunanya untuk mendukung Kota Bandung yang angkanya sudah cukup tinggi," ujar Hendra di Dayehukolot, Jumat (17/4/2020).

Hendra mengatakan, rencananya akan ada 16 titik check point ketika PSBB Parsial berlangsung. Setiap orang dan kendaraan akan diperiksa, dicek suhu dan ditanyai berasal dan keperluan apa. Apabila berasal dari zona merah maka tidak diizinkan masuk ataupun keluar dari wilayah Kabupaten Bandung.

"Konsepnya kita akan menempatkan 16 titik untuk check point. Apa yang dicek di sana, siapa yang lalu lalang arus kendaraan atau orang, kita cek suhunya, apa kepentingannya. Kalau dari zona merah kita akan upayakan untuk kembali ke daerahnya masing masing. Tidak dimasukan ke daerah kita," kata Hendra.

Beberapa daerah akan dijadikan titik check point. Hendra mengatakan, salah satu di antaranya adalah daerah Bojongsoang dan Cileunyi yang akan dijadikan titik checkpoint.

"Di antaranya Bojong Soang, Cileunyi, terutama perbatasan untuk penyangga Kota Bandung," ujarnya.

Selain itu, Hendra mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan ada evaluasi apabila PSBB Parsial telah berlaku. Akan ada penambahan atau pengurangan titik checkpoint.

"Kita akan gabung dengan Dinas Kesehatan, TNI, BPBD, dan juga Satpol PP. kita akan berkesinambungan terus yang 16 titik ini kita akan evaluasi apakah efektif atau tidak. kemudian bisa kita tambah atau kurangi juga.

Sekedar diketahui, tujuh kecamatan diajukan untuk diberlakukan PSBB Parsial. Tujuh kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Margaasih, Margahayu, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Cilengkrang, CIleunyi dan Cimenyan.

Salam Kemanusiaan dari Tim Medis RS Hasan Sadikin Bandung:

(mud/mud)