Tiga ODP Terindikasi Corona di Cirebon Bakal Dites Ulang

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 21:21 WIB
ilustrasi corona
(Foto: ilustrasi corona)
Cirebon -

Tiga orang dalam pemantauan (ODP) di Kota Cirebon, Jawa Barat, dinyatakan positif dan terindikasi terinfeksi virus corona atau COVID-19 setelah menjalani rapid test. Untuk memastikan terinfeksi virus corona atau bukan, Pemkot Cirebon rencananya memeriksa ulang ketiga ODP tersebut.

"Dari hasil rapid test yang kemarin, yang tiga positif ini akan dilakukan rapid test kedua," kata Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati melalui video conference, Kamis (16/4/2020).

Tak hanya rapid test, rencananya Pemkot Cirebon juga mengajukan agar ketiga ODP yang dinyatakan positif setelah menjalani rapid test tersebut menjalani uji swab. "Ini agar masyarakat tahu perbedaannya rapid test dan sampel swab. Kita akan sosialisasikan tentang ini," ucap Eti.

Eti mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi instruksi pemerintah terkait pencegahan penularan virus corona atau COVID-19.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Kota Cirebon Laelan Erwani mengatakan sebanyak 197 ODP asal Kota Cirebon menjalani rapid test, tiga di antaranya dinyatakan positif. Kendati dinyatakan positif melalui rapid test, ketiga ODP tersebut harus menjalani pemeriksaan ulang.

"Pemeriksaan positif rapid test Ini adalah tubuh kita membentuk anti bodi yang menandakan kita sedang terserang virus, tapi virusnya tidak spesifik. Sehingga nanti harus ada tes ulang kembali untuk menegaskan dan terakhir akan dilakukan tes PCR melalui swab," jelas Laelan.

Laelan menerangkan PCR merupakan salah satu tes untuk mengetahui apakah seseorang itu positif corona atau tidak.

Laelan mengaku telah memantau pergerakan ketiga pasien tersebut, termasuk sejumlah orang yang sempat kontak langsung dengan ODP yang positif. "Jadi kita akan melacak dia bergaul bersama dengan siapa saja, minimal 14 hari kebelakang. Sehingga kita akan dapatkan tambahan jumlah ODP di Kota Cirebon. Jadi jangan terkejut bila beberapa hari ke depan akan ada penambahan ODP," katanya.

(mud/mud)