Pandemi Corona, Walkot Bandung Minta Warga Tidak Mudik

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 16:43 WIB
Ilustrasi Corona
Foto: Ilustrasi pandemi Corona
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengimbau warganya tidak mudik untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19. Oded ingin warga yang tinggal di Kota Bandung tidak mudik atau warga lainnya mudik ke Kota Bandung.

"Gini, adanya PSBB ini sebetulnya meningkatkan kedisiplinan kepada masyarakat," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Kamis (16/4/2020).

Oded menyebut dengan masyarakat berdiam diri di rumah telah membantu pemerintah dalam pencegahan COVID-19. "Harapan saya tentunya, masyarakat bisa menerima dan menyadari ketika mereka diam di rumah dan tidak mudik, itu adalah kontribusi mereka dalam menyelesaikan COVID-19," tuturnya.

Menurut dia, bila warga tetap memaksa mudik yang dikhawatirkan diri sendiri dan keluarga. "Kalau mereka memaksakan pulang, khawatir. Dia jadi ODP, harus 14 hari diam di rumah," ujar Oded.

Oded sempat berkomunikasi dengan Wali Kota dan Bupati Tasikmalaya berkaitan hal tersebut. Saat ini, kata Oded, terjadi peningkatan di Tasikmalaya karena banyak warganya di luar daerah kembali pulang ke kampung halaman.

"Ternyata, ada ribuan orang yang mudik (ke Tasikmalaya) dari kota, dari Bandung, dari Jakarta, Bali dan dimana-mana, meningkat langsung," ucap Oded.

(wip/bbn)