Aksi Vandal 3 Pemuda Banjar, Polisi Sita Buku Karya Tere Liye

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 16:00 WIB
Tiga pelaku vandalisme di Kota Banjar
Polisi menangkap tiga pelaku vandalisme di Kota Banjar. (Foto: Istimewa)
Banjar -

Tiga pemuda, inisial BHS (20), AA (20) dan DMA (20) ditangkap polisi karena membuat coretan provokatif di dinding-dinding Kota Banjar. Polisi menyita barang bukti dalam aksi vandalisme itu yang di antaranya buku berjudul 'Negeri Para Bedebah' karya Tere Liye.

Ketiganya ditangkap polisi dengan tuduhan pidana berlapis yaitu penyebaran berita bohong, penghasutan untuk melakukan kekerasan dan penghinaan terhadap pemerintah melalui aksi vandalisme.

Dari sekian banyak barang bukti yang disita polisi, ada beberapa karya literasi atau buku yang ikut diamankan. Buku-buku ini ditengarai menjadi santapan literasi para pelaku vandal.

Saat menggelar jumpa pers virtual, Minggu (12/4), Polres Banjar menggelar barang bukti yang diamankan dari ketiga tersangka, termasuk sejumlah buku-buku. Ada tujuh judul buku yang digelar polisi sebagai barang bukti, yakni buku berjudul 'Muhammad Mark Marhaen', 'Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat', 'Bertuhan Tanpa Beragama', "Sex dan Revolusi", "Syekh Siti Jenar', 'Nietzsche Sabda Zarathustra' dan 'Negeri Para Bedebah'.

Selanjutnya
Halaman
1 2