Pernyataan Lengkap Ridwan Kamil soal PSBB di Bodebek

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 18:31 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Dokumentasi Pemprov Jabar).
Bandung -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kesehatan terkait pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di 5 wilayah di Jabar. PSBB mulai diberlakukan pekan depan.

Kelima wilayah yang memberlakukan PSBB itu adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok. PSBB mulai berlaku pada Rabu 15 April 2020 dini hari.

"Bahwa Menteri Kesehatan sudah kirimkan surat persetujuan kemarin sore yang menyatakan lima wilayah di Jabar Melakukan PSBB. Kami Kordinasi dan tetapkan bahwa PSBB ini akan dimulai hari Rabu dini hari 15 April (2020) selama 14 hari. Nanti dievaluasi apakah diteruskan atau dikurangi intensitasnya," ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/4/2020).

Kang Emil juga bicara soal pemberian bantuan kepada warga di lima daerah tersebut. Bantuan yang diberikan beragam mulai dari bantuan pemerintah pusat hingga daerah.

Berikut pernyataan resmi Kang Emil soal PSBB di lima daerah di Jabar:

Saya bersama forum komunikasi pimpinan daerah provinsi Jawa Barat baru saja selesai melakukan video conference dengan lima kepala daerah yaitu Bupati Kabupaten Bogor, Wakil Wali Kota Bogor, Wali Kota Depok, Wali Kota Bekasi dan Bupati Kabupaten Bekasi.

Juga kami melakukan rapat ini dengan Pangdam Jaya dan Wakapolda Metro Jaya karena seperti diketahui Kota Depok, Bekasi dan Kabupaten Bekasi secara hirarki pertahanan keamanan ada di Pangdam Kodam Jaya dan Polda Metro.