PSBB di Jakarta Mulai Diterapkan, Akses Masuk ke Cianjur Malah Longgar

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 17:40 WIB
Kendaraan berplat Jakarta masuk Cianjur lantaran pemeriksaan pada Jumat (10/4/2020) longgar.
Foto: Kendaraan berplat Jakarta masuk Cianjur lantaran pemeriksaan pada Jumat (10/4/2020) longgar (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta, akses masuk menuju Cianjur malah longgar. Bahkan kendaraan dari plat luar Cianjur dengan mudah masuk ke Kota Tauco tersebut.

Dari pantauan detikcom, aktivitas pemeriksaan kendaraan hanya berlangsung dari pagi hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Setelahnya petugas gabungan dari sejumlah OPD, polisi, dan TNI membubarkan diri, sehingga posko gabungan kosong tanpa petugas.

Selain itu, aktivitas penghentian kendaraan dari luar kota hingga diarahkannya kendaraan kembali ke daerahnya agar tidak masuk Cianjur tidak lagi nampak. Padahal sehari sebelumnya, kendaraan luar kota diimbau putar arah.

Longgarnya pemeriksaan dan penyekatan di pintu masuk dari puncak membuat kendaraan dari luar zona merah untuk wabah COVID-19, terutama Jakarta yang sudah menerapkan PSBB dengan mudah masuk Cianjur.

Tidak hanya akses puncak, pintu masuk dari Bandung ke Cianjur juga hanya sampai pukul 16.00 WIB. Kendaraan yang diperiksa pun hanya sebatas mendapat imbauan.

"Saya sudah koordinasi dengan unsur Forkopimda agar diperketat lagi, terlebih setelah Jakarta menerapkan PSBB. Kemungkinan warga dari Jakarta atau zona merah lainnya pergi ke Cianjur yang masih zona hijau," ucap Plt Bupati Cianjur Herman Suherman saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (10/4/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2