Cerita Pilu Istri TKI Asal Bandung Barat yang Telantar di Malaysia

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 15:00 WIB
Sunara TKI asal Bandung Barat
Foto: Sunara TKI asal Bandung Barat yang terlantar di Malaysia (tangkapan layar video).
Bandung Barat -

Ani Suryani (28), istri dari Sunara (36) TKI asal Bandung Barat mengaku sangat sedih mendengar nasib suaminya. Dia berharap Pemkab Bandung Barat bisa membantu memulangkan suaminya yang kini telantar di Malaysia.

"Iya sedih soalnya suami saya di sana terlantar. Mau pulang tapi enggak punya uang. Paspor juga ditahan dan harus ditebus Rp 20 juta. Uang segitu dari mana, makanya saya minta tolong ke Pak Bupati (Aa Umbara) supaya bisa bantu," kata Ani saat ditemui di kediamannya, di Kampung Cihaliwung Wetan, RT 06/03, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jumat (10/4/2020).

Ani bercerita awal mula suaminya mengadu nasib ke Negeri Jiran atas ajakan tetangganya, yang menjadi calo penyalur TKI ilegal. Meskipun sudah melarang Sunara berangkat, namun suaminya keukeuh pada niatnya.

"Dia berangkat melalui calo, bulan Februari kemarin. Padahal sudah saya ingatkan, jangan berangkat, tapi suami saya nekat karena tekanan banyak utang, apalagi belum bayar kontrakan juga," ceritanya.

Ani istri Sunara TKI Bandung BaratAni istri Sunara TKI Bandung Barat Foto: Whisnu Pradana


Sebelum menuju Malaysia, Sunara bersama calo tersebut berangkat dari Bandara Husein Sastranegara menuju Riau. Namun nyatanya, Sunara menghabiskan waktu selama 2 minggu di Riau, tanpa bekerja.

"Ternyata kata suami saya, dia itu ke Riau dulu. Di Riau itu 2 minggu, cuma makan tidur saja. Setelah 2 minggu, baru merekanyebrang ke Malaysia naik kapal laut," katanya.

Tonton juga video Jokowi Pelototi Kepulangan WNI dari Malaysia:

Selanjutnya
Halaman
1 2