Jabar Hari Ini: Wacana PSBB Bandung Raya-Longsor di Jalur Utama Cianjur

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 22:20 WIB
Longsor timbun jalan utama cianjur-sindangbarang
Longsor di Cianjur (Foto: istimewa)
Bandung -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah Jabar memancing sejumlah daerah untuk bertindak, seperti yang terjadi di Cianjur. Arus kendaraan yang masuk, terutama dari Puncak diperiksa dan diminta memutar balik bila tak mengenakan masker.

Sementara itu, masih di Cianjur video longsor di jalur utama Cianjur-Sindangbarang terputus karena tertimbun longsor di Kampung Pos Desa Sukanagara. Detik-detik longsor terekam kamera warga. Apa saja yang terjadi di Jabar hari ini, berikut ulasannya :

Longsor di Jalur Utama Cianjur-Sindangbarang

Jalan utama Cianjur-Sindangbarang terputus karena tertimbun longsor di Kampung Pos Desa Sukanagara Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, Kamis (9/4/2020). Seorang pengendara yang melintas nyaris ikut tertimbun.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan mengatakan longsor terjadi setelah hujan turun deras mengguyur kawasan tersebut sejak pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 16.30 WIB, tebing setinggi 30 meter yang terletak di seberang lapangan Tarumanagara longsor dan menimpa jalan utama.

"Seluruh badan jalan tertimbun dengan material longsoran setinggi 5 meter dan panjang longsoran 20 meter," ujar Irfan kepada detikcom saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (9/4/2020).

Dari video amatir warga, tampak pengendara sepeda motor nyaris tertimbun, beruntung pengendara berhasil menyelamatkan diri.

Namun Irfan mengaku tim dari BPBD tengah melakukan pengecekan ke lokasi untuk memastikan apakah ada kendaraan dan pengendara lain yang tertimbun.

"Untuk yang video beredar pengendara sepeda motornya berhasil selamat. Tapi kami sedang pastikan lagi, dikhawatirkan ada kendaraan dari arah lain yang tertimbun. Tapi kami harap tidak ada korban jiwa," kata dia.

Sementara itu, Pengamat Jalan Ruas Jalan Sukanagara - Sindangbarang UPTD Dinas PU Binamarga Provinsi Jawa Barat Bubun Bunyamin mengatakan pihaknya sudah menurunkan dua alat berat dan empat dumb truck untuk melakukan normalisasi jalan.

Material longsoran yang menimbun seluruh badan jalan membuat arus lalulintas dari Cianjur menuju selatan atau sebaliknya tertutup dan dialihkan ke sejumlah jalur alternatif. "Kami upayakan penanganan, agar arus lalulintas dapat kembali normal," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4