Baznas Jabar Rumuskan Anjuran Zakat Dibayar Sebelum Puasa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 14:12 WIB
Panduan pembayaran zakat di tengah pandemi corona
Ilustrasi zakat (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Bandung -

Kementerian Agama menganjurkan pembayaran zakat dilakukan sebelum bulan Ramadhan. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar tengah merumuskan teknis pembayaran zakat yang dipercepat.

Anjuran pembayaran zakat tersebut tertuang dalam surat edaran Kementerian Agama nomor 6 tahun 2020 yang berisi panduan Ibadah Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah mewabahnya COVID-19.

Butir 11 dalam surat edaran itu, menganjurkan umat Islam membayarkan zakat harta mereka sebelum puasa Ramadhan agar segera diberikan kepada para mustahik.

Ketua Baznas Jabar Arif Ramdani mengatakan surat edaran tersebut terhitung baru. Bahkan, kata Arif, akan ada perbedaan pendapat tentang pembayaran zakat sebelum bulan puasa.

"Di antaranya itu adalah mengenai menyegerakan bayar zakat, karena sebagaimana kita ketahui untuk zakat di sektor tertentu hitungannya 12 bulan, misalnya perdagangan, ternak dan lain-lain, kalau petani, kan saat panen, kalau pegawai dari gaji bisa dibayarkan 2,5 persen dari gajinya," ucap Arif saat dihubungi, Kamis (9/4/2020).

Arif mengatakan saat ini Baznas Jabar tengah merumuskan hal tersebut. Pihaknya tengah menyamakan persepsi dengan daerah-daerah di Jabar.

"Kita sedang menyatukan persepsi dengan kota-kabupaten, tentu para ulama ada yang membolehkan menyegerakan pembayaran zakat mal, jadi kita sekarang sedang berkoordinasi dengan Baznas di kota dan kabupaten bagaimana implementasinya di lapangan," tuturnya.

Arif belum bisa memastikan kapan pembayaran zakat bagi umat muslim di Jabar dapat dilakukan. Namun bila merujuk pada surat edaran tersebut, kemungkinan prosesnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Saya sangat memahami adanya surat edaran ini berkaitan dengan situasi kedaruratan di mana masyarakat kita yang terdampak secara ekonomi, terutama mustahik atau orang yang berhak menerima zakat mereka tentu sangat tedampak dan memerlukan bantuan segera mungkin, Insya Allah akan kami laksanakan setelah menyamakan persepsi," ujarnya.

"Tentu dalam pekan ini, karena Ramadhan cuma 14 harian lagi, dalam pekan ini akan segera dieksekusi, saya kira itu tidak sulit Insya Allah," kata Arif menambahkan.

Tonton video Ini Loh Bedanya Panitia dengan Amil Zakat:

(mud/mud)