Dilalap Si Jago Merah, Sebuah Rumah di Ciamis Rata dengan Tanah

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 11:36 WIB
Kebakaran rumah di Ciamis
Sebuah rumah di Ciamis terbakar habis. (Foto: dok. Istimewa)
Ciamis -

Rumah semipermanen milik Atang, warga Dusun Gareumpay, Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat, hangus terbakar, Rabu (8/4/2020). Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Sekretaris Desa Gegempalan Mulyana membenarkan rumah milik Atang dan istrinya Hae mengalami kebakaran. Seluruh bagian rumah yang didominasi terbuat dari bilik dan bambu ini hangus terbakar.

"Kejadian tadi pukul 09.00 WIB. Api cepat membesar karena rumah bilik, hangus rata dengan tanah," ujar Mulyana saat dihubungi detikcom.

Mulyana menuturkan, saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong. Sebab, Atang sedang bekerja di pabrik makanan ringan. Sedangkan istrinya bekerja di sawah. Api terlihat oleh tetangganya sudah membakar bagian atap rumah.

Saat warga mencoba memadamkan api, mobil Damkar langsung tiba dilokasi kejadian. Namun api cepat membakar kayu material rumah. Bangunan berikut isinya tak bisa diselamatkan.

"Warga yang melihat langsung meminta bantuan warga lainnya untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya, dan memberi tahu pemilik rumah. Tapi, api sangat besar, dalam waktu setengah jam rumah habis terbakar," ungkap Mulyana.

Akibat kejadian ini, pemilik rumah mengalami kerugian Rp 35 juta. Saat ini warga setempat gotong royong menyingkirkan puing-puing rumah yang terbakar. Pemiliknya untuk sementara diungsikan ke rumah kerabatnya.

Lihat juga video saat 5 Rumah di Kendari Ludes Dilahap Api:

(mso/mso)