Modus Bantuan Corona, Pencuri Preteli Emas Dua Nenek di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 22:23 WIB
Ilustrasi pembunuhan
Foto: Ilustrasi
Sukabumi -

Di tengah pandemi Corona, dua perempuan lanjut usia di Kabupaten Sukabumi jadi korban kawanan penipu berkedok bantuan dari pemerintah berkaitan dampak virus Corona atau Covid-19. Pelau mempreteli perhiasan emas senilai jutaan rupiah milik korban.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (4/4/2020) lalu. Saat itu dua perempuan lansia masing-masing Aisyah (73) dan Nensih (60) didatangi orang tidak dikenal ke kediamannya di Kampung Rancabungur, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (7/4/2020).

Modus pelaku mengaku sebagai petugas pendataan warga miskin yang akan mendapat bantuan dari pemerintah terkait dampak wabah virus Corona.

"Istri dan saya sedang ke kediaman Nensih. Tiba-tiba datang dua orang yang menawarkan bantuan dari kecamatan berupa uang Rp 600 ribu untuk warga terdampak Corona. Mereka minta persyaratan, kita lengkapi. Mereka juga foto-foto bagian rumah, katanya untuk melengkapi persyaratan bantuan tersebut," kata Tajudin (90), suami Aisyah.

Selain Tajudin dan istrinya, di rumah itu juga ada Nensih tetangganya yang sedang bertamu. Nensih juga ditawari bantuan yang sama oleh pelaku.

Tajudin mengaku awalnya sempat curiga dengan gerak-gerik mereka. Saat itu pelaku memfoto ia dan istri. Sebelumnya, salah satu pelaku meminta Aisyah dan Nensih untuk melepaskan seluruh perhiasan emas yang dipakai.

"Pelaku bilang itu bantuan pribadi dari pak camat. Tapi jangan banyak cerita ke warga lain. Mereka juga minta kita cepat-cepat karena katanya Camat Palabuhanratu sudah menunggu di jalan raya," tutur Tajudin.

Selanjutnya
Halaman
1 2