Pandemi Corona, Dosen UBP Karawang Bagikan Masker ke Warga

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 16:48 WIB
Dosen UBP Karawang Bagikan Masker
Rektor UBP Karawang Dedi Mulyadi menyerahkan masker dan hand sanitizer buatan kampus ke masyarakat. Penyaluran bantuan akan melibatkan para dosen. (Luthfiana Awaluddin/detikcom)

Soal pendanaannya, kata Dedi, bersumber dari donasi yang dihimpun dari dosen dan pegawai UBP. Dana sumbangan mencapai puluhan juta rupiah, kemudian dipakai untuk membeli bahan baku dan memproduksi masker dan hand sanitizer. "Kami terima sumbangan dari dosen dan pegawai," ujar Dedi.

Produksi masker dan hand sanitizer itu tak lepas dari kelangkaan masker di pasaran. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karawang Ahmad Suroto menuturkan ketersediaan masker di Karawang menipis. Alhasil, masyarakat kesulitan mendapat masker dengan harga terjangkau.

"Masker dan hand sanitizer jadi barang yang dicari masyarakat saat ini. Tapi berdasarkan pendataan, stoknya terus menipis," kata Suroto melalui telepon.

Nurahyati (34), misalnya, ibu rumah tangga itu kesulitan mencari masker akhir-akhir ini. Sudah beberapa hari ini, Ketua RT 16 RW 4, Desa Puseurjaya, Kecamatab Telukjambe Timur, itu mencari masker, tapi harganya mahal.

"Bantuan masker dari dosen UBP ini sedikit meringankan beban masyarakat seperti kami. Sebab, kami ingin menggunakan masker untuk berjaga-jaga. Apalagi sekarang dianjurkan pemerintah," kata Nurahyati saat ditemui di Kampus UBP.

Halaman

(bbn/bbn)