Dibebaskan Saat Wabah Corona, 44 Anak di LPKA Bandung Kembali ke Ortu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 13:37 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
(Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung -

Sebanyak 44 anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) II Bandung kembali ke pangkuan orang tua. Mereka dibebaskan saat wabah virus Corona melanda.Ba

"Totalnya semua ada 44 orang," ucap Kasi Pembinaan LPKA Bandung Roni Nuryadi kepada detikcom, Selasa (7/4/2020)

Roni menyatakan pembebasan puluhan anak tersebut termasuk dalam program Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) berdasarkan peraturan Menkum HAM tentang pencegahan Corona. Ke-44 anak tersebut dipulangkan untuk menjalani asimilasi di rumah.

"Mereka yang mendapatkan asimilasi, kasusnya mulai dari perlindungan anak, mengganggu ketertiban umum, pembunuhan dan pencurian," tuturnya.

Roni menuturkan ke-44 orang anak tersebut dipulangkan secara berturut-turut mulai hari pertama tanggal 1 April 2020 hingga 6 April 2020.

"Mereka dijemput oleh keluarga atau wali dan disaksikan oleh pembimbing kemasyarakatan Bapas lewat video call," katanya.

Di samping itu, untuk mencegah penyebaran Corona terhadap anak, LPKA Bandung juga meniadakan kunjungan. Termasuk sekolah bagi anak-anak bermasalah juga ditiadakan.

"Untuk sementara kegiatan kunjungan keluarga di LPKA Bandung diliburkan termasuk kegiatan pembinaan yang melibatkan pihak luar, hal ini utk mengantisipasi penyebaran Covid 19 di kalangan anak didik," tuturnya.

Tonton juga video Cegah Corona Merebak di Lapas, Menkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi:

(dir/mud)