Koruptor Lansia di Lapas Sukamiskin Tak Ada Gejala Corona

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 10:32 WIB
Saung elite yang berada di Lapas Sukamiskin masih berdiri sampai saat ini. Ini penampakannya.
Lapas Sukamiskian (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung -

Pembebasan narapidana kasus tindak pidana korupsi (tipikor) lansia di tengah Pandemi Corona menjadi polemik. Lalu bagaimana sebenarnya kondisi para terpidana korupsi yang lanjut usia (lansia) di Lapas Sukamiskin?

"Belum ada (yang sakit). Alhamdulilah tidak ada (yang bergejala Corona). Mudah-mudahan tidak ada," ucap Kalapas Sukamiskin Abdul Karim kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

Karim menyatakan sejak virus dengan nama lain Covid-19 ini merebak di Indonesia, Lapas Sukamiskin meningkatkan protokol penanganan kesehatan terhadap para napi. Setiap saat, suhu napi dicek petugas kesehatan lapas.

Menurut Karim, sejauh ini tidak ada napi tipikor maupun napi pidana umum yang memiliki gejala virus Corona tersebut. "Kita selalu mengecek kesehatan seluruh WBP (warga binaan pemasyarakatan) terutama suhu tubuh sebagai salah satu indikator seseorang terjangkit Covid-19," tuturnya.

Dia menjelaskan sejauh ini belum ada aturan resmi dari pemerintah khususnya Kementerian Hukum dan HAM terkait pembebasan napi tipikor. "Belum ada aturan untuk bebaskan napi tipikor. Seperti biasa mereka di kamarnya masing-masing," kata Karim.

Selanjutnya
Halaman
1 2