Jasad Terindikasi COVID-19 di Sukabumi Dimakamkan Setelah Musyawarah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 10:15 WIB
Jasad warga terindikasi covid-19 di sukabumi dimakamkan
Foto: Istimewa
Sukabumi -

Personel Polres Sukabumi langsung mendatanggi warga Desa Cibodas, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi setelah tersiar kabar ada warga setempat yang meninggal dunia karena terindikasi COVID-19, Jumat (3/4/2020) malam.

Setelah dilakukan musyawarah bersama aparat desa, TNI dari koramil setempat, kecamatan dan Puskesmas, akhirnya jasad warga setempat itu diterima dan dikebumikan dengan petugas protokol penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

"Kami berkomunikasi kepada warga bersama teman-teman TNI, aparat desa, kecamatan, puskesmas. Langkah antisipasi penolakan dari mereka, alhamdulillah jasad pria berusia 47 tahun itu akhirnya dimakamkan malam tadi tanpa penolakan," kata Kapolres Sukabumi, AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Sabtu (4/4/2020).


Menurut Nuredy, upaya komunikasi itu dilakukan menjelang kedatangan jenazah. Kepolisian bergerak setelah ramai informasi adanya penolakan di media sosial dari warga yang terpantik isu penanganan pemakaman akibat terjangkit COVID-19 di wilayah lain. Dalam pantauannya, hingga saat ini di Sukabumi tidak terjadi penolakan pemakaman warga yang meninggal karena terindikasi Virus Corona.

"Kami lakukan musyawarah dengan pihak Desa Cibodas dan warga sekitar bahwa almarhum yang terindikasi COVID-19 akan dimakamkan warga akhirnya sepakat menerima dengan catatan begitu tiba langsung dikebumikan untuk mencegah penularan terhadap warga sekitar," kata Nuredy.

Sementara itu, Kepala Desa Cibodas Junajah Jajah Nurdiansyah mengatakan warganya itu baru pulang dari Jakarta beberapa waktu lalu dan mengeluhkan sakit. Ia kemudian berobat ke dokter umum namun tidak kunjung sembuh.

PDP yang Dikuburkan Keluarga di Kolaka Negatif Corona:


Selanjutnya
Halaman
1 2