Fenomena Halo Matahari Bikin Heboh Warga Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 14:28 WIB
Halo Matahari di Bandung
Foto: Fenomena halo matahari di Bandung (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Warga Bandung Raya dihebohkan dengan penampakan matahari bercincin yang terjadi pada Jumat (3/4/2020) sekitar pukul 11.30 WIB. Sejumlah warga mengaitkan fenomena langit itu dengan pertanda bakal hilangnya virus Corona.

Seperti yang diungkapkan Tarmadi (60), warga Kecamatan Sukasari, Kota Bandung mengatakan fenomena matahari itu sebagai pertanda bakal segera musnahnya Corona.

"Tanda-tana alam corona bakal menyerah alias kalah, benar tidaknya tapi saya berharap corona bisa menghilang dan semuanya kembali normal," ucap Tarmedi, saat dihubungi.

Sementara itu warga lainnya Jubaedah (52) asal Kecamatan Sukawarna juga mengatakan hal serupa. "Kuasa Allah, mudah-mudahan ini jadi pertanda baik, bakal hilangnya Corona," ucapnya.

Fenomena alam tersebut juga terlihat di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Doddy (25) warga Rajamandala Kulon mengatakan kejadian ini berlangsung kurang lebih satu jam. "Sangat silau sekali, saya pertama lihat saat awal Dzuhur," ujar Doddy.

Peneliti dari Observatorium Bosscha Yatny Yulianty mengatakan fenomena matahari bercincin atau halo itu terjadi karena pembiasan sinar matahari.

"Fenomena ini merupakan fenomena yang biasa terjadi, bisa terjadi juga pada bulan atau sumber cahaya lain seperti lampu artifisial," kata Yatny saat dihubungi detikcom.

Menurutnya, fenomena halo ini tidak terjadi secara periodik. Kejadian ini terjadi ketika cahaya matahari atau bulan mengalami refleksi dan pembiasan oleh kristal es yang terbentuk di lapisan awan pada ketinggian tertentu.

"Biasanya di ketinggian awan cirrus, jadi dibutukan kondisi yang pas saja sehingga bisa menimbulkan fenomena tersebut," ujarnya.

(yum/mso)