Siswa TK-SD di Garut Ikut Lomba Gambar dan Cerpen Bertema Corona

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 13:08 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
(Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Garut -

Dinas Pendidikan Garut menggelar lomba cerpen hingga membuat gambar tentang Corona. Tujuannya, untuk mengedukasi para pelajar akan bahaya virus Corona.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memutus penyebaran virus Corona. Tak hanya langkah pencegahan seperti penyemprotan disinfektan di tempat-tempat rawan hingga pembagian masker, langkah edukasi juga dilakukan kepada para bocah.

Di Garut, Dinas Pendidikan melakukan upaya edukasi kepada anak-anak khususnya di jenjang taman kanak-kanak dan sekolah dasar lewat lomba gambar dan cerita pendek.

"Langkah ini kami laksanakan untuk mengedukasi para pelajar. Jadi mereka tak hanya tau namanya saja, virus Corona," ucap Kadisdik Garut, Totong, kepada wartawan di kantornya, Kamis (2/4/2020).

Totong menjelaskan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk mengisi waktu luang anak-anak di rumah. Selain itu, hal ini juga dilakukan sebagai edukasi bagi anak-anak untuk memahami apa itu Corona.

"Jadi anak-anak ini diharapkan tidak hanya mengetahui bahwa saat ini ada virus Corona, tapi memahami seperti apa virusnya, bagaimana cara agar terhindar dari virus ini, hingga apa saja yang bisa dilakukan anak-anak," ucap Totong.

Teknisnya, anak-anak TK dan SD di Garut bebas mengikuti. Gambar dan cerpen harus murni buatan sang anak. Gambar dan cerpen harus berkaitan virus Corona. Para pelajar bisa mengumpulkan gambar dan cerpen ke sekolah masing-masing.

"Kami harap, saat proses gambar dan membuat cerpen ini ada interaksi dari orang tua yang menjelaskan seperti apa virus Corona," tutup Totong.

Para pelajar paling lambat mengumpulkan karyanya ke sekolah masing-masing 2 Mei 2020. Akan ada hadiah menarik yang diberikan Dinas Pendidikan.

Istri-istri TNI Racik Jamu untuk Lindungi Suami dari Corona:

(mud/mud)