Jokowi Terbitkan PSBB, Ridwan Kamil: Mirip Karantina Wilayah Parsial

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 14:25 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menyosialisasikan peraturan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke seluruh kepala daerah di Jabar. Sebelumnya PPSB ditetapkan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penanggulangan wabah virus corona atau Covid-19.

"Ya kan baru munculnya tadi sore, jadi kalau saya sudah rapat langsung dengan pak presiden mungkin besok saya teleconference ke seluruh daerah untuk sosialisasi PSBB," ujar Ridwan Kamil di Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (1/4/2020).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, PSBB prosedurnya mirip dengan karantina wilayah parsial (KWP) yang perizinanya telah ia turunkan kepada para kepala daerah.

"Ada prosedur PSBB untuk karantina wilayah secara parsial, tapi levelnya hanya boleh sampai tingka RT, RW, sampai kecamatan. Kecuali kalau kota dan provinsi harus ada izin dari presiden, sama dengan dengan KWP hanya beda istilah saja," katanya.

Istilah PSBB mungkin terdengar asing di telinga masyarakat, sebenarnya diatur dalam UU Kekarantinaan Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 atau UU yang sama mengatur kekarantinaan wilayah akibat pandemi atau lockdown. Pada Senin (31/3), Joko Widodo mengatakan dalam PSSB physical distancing akan dilaksanakan lebih tegas, disiplin dan efektif.

Jokowi: Pemda Jangan Buat Acara Sendiri soal Penanganan Corona:

(yum/mud)