Ridwan Kamil Izinkan Daerah di Jabar Terapkan Karantina Wilayah Parsial

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 19:38 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengizinkan kabupaten dan kota untuk melakukan karantina wilayah secara parsial (KWP). Kewenangan itu diberikan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 ke wilayah yang lebih luas.

Ridwan Kamil menjelaskan karantina wilayah parsial adalah salah satu langkah untuk membatasi pergerakan warga. Misalnya saja dengan menutup jalan protokol, seperti yang dilakukan Pemkot Bandung.

"Karantina wilayah parsial itu bisa mengkarantina satu rumah, satu gedung, satu RT,satu rumah sakit, itu KWP, kemudian satu jalan protokol karena dianggap jalan itu punya kota potensi (penyebaran Covid-19)," kata pria yang akrab disapa Kang Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (30/3/2020).

Dalam kesempatan itu, dia memastikan tidak ada penerapan lockdown atau karantina wilayah di Jabar. Pasalnya hal itu harus mendapat izin dari Presiden Joko Widodo.

"Untuk izin melakukan karantina wilayah oleh kota dan kabupaten, harus ada izin dari presiden, jadi Kota Tasikmalaya tidak akan melakukan karantina wilayah, kota dan kabupaten lain juga tidak kami beri izin, karena izin itu harus datang dari presiden," kata Kang Emil.

"Sehingga kota Tasikmalaya juga saya klarfikasi tidak merencanakan karantina wilayah skala kota, yang mereka lakukan adalah pembatasan masuknya kendaraan umum yang datang dari wilayah-wilayah termasuk Jakarta yang masuk kategori pandemi Covid-19," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2