Sejumlah Jalan Ditutup Sementara, Ini Kata Walkot Bandung

Wisma Putra - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 19:06 WIB
Situasi jalan di Kota Bandung
Jalanan di Bandung yang ditutup. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, Jawa Barat, ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Sekadar diketahui, jalan-jalan yang kerap menjadi pusat keramaian atau kerumunan sengaja ditutup agar memutus mata rantai virus tersebut.

Seberapa efektif kah penutupan jalan itu? "Laporan di lapangan, baik Dishub dan Satlantas sangat efektif. Efektif sekali," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Senin (30/3/2020).

Pihaknya berencana melakukan penutupan jalan di titik lainnya. "Upaya-upaya kita melakukan penutupan jalur ini, tentu kita akan melihat evaluasinya seperti apa dan kita juga ingin melihat kira-kira, jalan-jalan mana lagi yang akan kita tutup, kalau memang dibutuhkan," ujar Oded.

Saat ditanya soal jalan mana lagi yang akan ditutup, Oded menyebut sasarannya adalah jalan favorit yang mengundang kerumunan massa. "Pada prinsipnya, ruas jalan ini jalan yang menghubungkan tempat-tempat favorit di Kota Bandung. Oleh karena kita coba dulu. Adapun ke depan, kita akan evaluasi seperti apa, apakah perlu di tambah atau tidak," tuturnya.

Selain itu, menurut Oded penutupan mal sementara membuat kerumunan massa berkurang. "Setiap ada kerumunan, kalau bisa dihilangkan pasti efektif, kan kuncinya untuk memutus mata rantai Corona ini diam di rumah," kata Oded.

(wip/bbn)