Ini Alasan PDP Kabur dari Rumah Sakit yang Gegerkan Garut

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 14:40 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Garut -

Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona (Covid-19) melarikan diri dari rumah sakit saat hendak diisolasi tim dokter RSUD dr. Slamet Garut. Kejadian tersebut menggegerkan warga Garut lantaran kisahnya dibagikan warganet di media sosial.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemkab Garut Ricky Rizki Darajat membenarkan peristiwa tersebut. Ricky menyebut, pasien tersebut kabur gegara takut masuk ruang isolasi.

"Itu sebenarnya karena dia lebih kepada was-was. Dia takut diisolasi," kata Ricky kepada wartawan di Covid Center Pemkab Garut, Jalan Dewi Sartika, Garut Kota, Senin (30/3/2020).

Sebelumnya diberitakan, seorang PDP Corona kabur saat hendak diisolasi dokter di RSUD dr. Slamet Garut. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian itu bermula saat pasien pulang dari Bogor ke kampungnya di Garut pada Rabu (18/3) lalu. Saat tiba di Garut pria tersebut mengeluh sakit.

Saat itu, dia kemudian berobat ke puskesmas di kampungnya dan langsung berada di bawah pengawasan puskesmas. Seminggu berlalu, penyakit yang diderita tak kunjung sembuh. Pasien kemudian kembali berobat ke Puskesmas.

Setelah diperiksa tim dokter, pihak puskesmas kemudian merujuk pasien untuk berobat ke RS Garut. Di rumah sakit, dokter melakukan pemeriksaan epidemiologi. Diketahui pasien tersebut mengalami demam, sesak nafas dan sakit tenggorokan.

Selanjutnya
Halaman
1 2