Banjir dan Longsor Terjang Kota Cimahi, Ratusan KK Terkena Dampak

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 12:48 WIB
Banjir di Cimahi
Foto: Banjir di Cimahi (Istimewa).
Cimahi -

Hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi pada Minggu (29/3/2020) sejak sore hingga malam, membuat sejumlah wilayah diterjang banjir, longsor, hingga ambruknya sebuah benteng pembatas. Ratusan kepala keluarga (KK) terdampak kejadian tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, banjir menerjang wilayah Kelurahan Cibeber, Melong, dan Utama. Penyebab banjir di wilayah tersebut disebabkan meluapnya air dari aliran sungai serta tersumbatnya saluran drainase.

Di Kampung Cicekek, RW 07, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan ada 4 rumah dengan 17 KK yang terdampak banjir setinggi 30 centimeter. Di Kampung Lembur Sawah dan Kampung Mancong, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, saat ini warga yang terdampak masih dalam pendataan BPBD.

Sementara di RW 2 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, banjir setinggi 60 centimeter merendam 255 KK. Namun dalam beberapa jam saja banjir kembali surut.

"Untuk banjir memang terjadi hampir bersamaan saat hujan mengguyur Cimahi kemarin. Penyebabnya karena air sungai meluap dan penyumbatan drainase. Kami sudah lakukan assessment, tidak ada warga yang mengungsi. Total 255 KK terdampak," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Nanang, Senin (30/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2