Bupati Ciamis Ajak PNS-DPRD Sisihkan Gaji Bantu Warga Terdampak Corona

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 10:41 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengimbau PNS dan anggota DPRD untuk menyisihkan gajinya guna membantu warga yang kesulitan secara ekonomi imbas dari pandemi Corona.

"Kita akan bantu. Akan imbau seluruh PNS, DPRD supaya menyisihkan sedikit gaji mereka untuk disedekahkan membantu saudara kita, karena dampak Corona ini," kata Herdiat, Senin (30/3/2020).

Herdiat juga mengajak para pengusaha, pihak swasta untuk ikut bersama-sama membantu warga Ciamis yang kesulitan ekonomi saat ini. Minimal memberikan bahan pokok.

"Mengajak kepada para dermawan, agnia, pihak swasta dan pengusaha untuk membantu saudara kita yang kesusahan mencari rezeki di tengah wabah Corona ini. Tetangganya yang membutuhkan dibantu," jelas dia.

Pantauan detikcom, sudah beberapa hari ini kondisi wilayah Perkotaan Ciamis tak sesibuk seperti biasanya. Jalanan cukup lengang dan sepi. Alun-alun Ciamis kini tak seperti biasanya yang selalu ramai pengunjung. Dari sore sampai malam kondisinya sangat sepi.

Meski banyak pedagang kaki lima yang masih berjualan, namun mereka mengeluh pendapatan beberapa hari terakhir ini turun drastis. Karena saat ini sedikit warga yang melakukan aktifitas di luar rumah.

Kondisi itu diprediksi bakal berlangsung cukup lama, ditambah Pemkab Ciamis saat ini memberlakukan karantina lokal terbatas dari 31 Maret-30 April 2020.

Seperti yang dirasakan Yayan, penjual kopi dan minuman di komplek perkantoran, Jalan Iwa Kusuma Somantri. Mengaku saat ini pendapatannya sangat kurang, itu karena saat ini para PNS yang biasa membeli kopi dan minuman kini libur dan bekerja di rumah.

"Biasa yang beli kopi dari pegawai, sekarang mereka di rumah masing-masing, otomatis sepi. Pendapatan sangat sedikit, untuk beli makan sehari-hari kurang. Kalau ada bantuan ya alhamdulillah," ujarnya.

Soal Corona, Pemerintah: Yang Sakit Jangan Didiskriminasi:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)