Untirta Perpanjang Perkuliahan Mahasiswa di Rumah, Wisuda Ditunda

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 10:21 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Serang -

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memperpanjang masa perkuliahan jarak jauh sampai akhir semester genap 2020 selesai. Kebijakan dikeluarkan di tengah situasi tanggap darurat virus Corona.

"Iya betul, kebijakan bidang akademik dalam rangka tanggap darurat di lingkungan Untirta," kata Rektor Untirta Fatah Sulaiman saat dikonfirmasi detikcom di Serang, Banten, Senin (30/3/2020).

Pihak universitas sendiri sudah mengeluarkan edaran. Di edaran semula, mahasiswa akan kembali ke kampus pada 3 April namun diperpanjang masa belajar jarak jauhnya dengan cara online.

Pelaksanaan wisuda gelombang pertama 2020, yang seharusnya dilaksanakan pada 11 April juga ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Pihak universitas akan menyampaikan lebih lanjut informasi pelaksanaan wisuda.

"Ditunda sampai dengan kondisi darurat akibat virus Corona berakhir," ucap Fatah.

Kegiatan bimbingan penelitian, skripsi, ujian sidang baik penelitian dan skripsi bisa dilakukan secara jarak jauh. Jika sangat terpaksa dan harus dilakukan tatap muka, menurutnya harus diterapkan social distancing dan physical distancing selama kegiatan berlangsung.

Segala ujian akhir semester juga harus dilakukan dalam bentuk online dan bentuk penugasan di rumah. Masing-masing pimpinan di fakultas, direktur pascasarjana, ketua jurusan dan ketua program studi diwajibkan menggunakan sistem yang memadai untuk menunjang perkuliahan jarak jauh

Angka Positif Corona Naik Terus, Yuri: Banyak Masyarakat Belum Isolasi:

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)