Sebut Bandung Akan Lockdown, Ini Penjelasan Ridwan Kamil

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 16:55 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Video Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menyebut Bandung akan lockdown viral di media sosial. Langkah itu bagian dari upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Video berdurasi 29 detik itu tersebar di sejumlah WhatsApp group. Video itu berisikan, perbincangan singkat Ridwan Kamil dan warga yang membahas Bandung akan lockdown.

Ridwan Kamil mencoba menjelaskan terkait pernyataannya tersebut. Dalam video viral itu dia mengaku tengah melakukan inspeksi mendadak melihat situasi kota. Dia turun ke lapangan melihat sejauh mana sosial distancing yang dilakukan masyarakat setelah diimbau oleh pemerintah.

"Kemarin, dalam video yang viral, memang saya sedang inspeksi dan melihat, memang respons terhadap bekerja di rumah dan social distancing belum dilakukan secara maksimal," katanya, Minggu (29/3/2020).

Dalam sidak tersebut, Kang Emil coba melihat respons masyarakat terkait rencana lockdown atau karantina wilayah.

"Jadi, waktu dites akan ada lockdown itu, untuk mengetes reaksi dari masyarakat dan ternyata biasa-biasa saja. Tapi, poinnya adalah persiapan ke arah sana sedang kita lakukan, namun keputusan tetap ada di pemerintah pusat," ucapnya.

Ia mengimbau kepada warga, bila nanti Pemprov Jabar memutuskan untuk lockdown jangan kaget. Pasalnya dia menyatakan hal itu sudah dipikirkan secara matang.

"Kalau nanti waktunya tiba (lockdown wilayah) masyarakat jangan kaget dan tentunya harus kita persiapkan dengan baik," pungkasnya.

Tonton juga 'Viral Video Ridwan Kamil Sebut Bandung Siap-siap Lockdown':

(wip/mso)