Pemkab Sukabumi Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 23:08 WIB
Bupati Sukabumi beberkan data terbaru pandemi Corona
Bupati Sukabumi Marwan Hamami (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Bupati Sukabumi Marwan Hamami kembali mengeluarkan kebijakan terkait aktivitas pelajar di wilayahnya. Kebijakan yang dituangkan pada Surat Edaran (SE) ini diberlakukan seiring masih berjalannya gugus tugas penanganan dan pengendalian virus Corona di Kabupaten Sukabumi.

SE bernomor SE 443/1268-Disdik itu berisi beberapa poin untuk kembali memperpanjang masa belajar di rumah selama 14 hari pada 30 Maret hingga 11 April 2020 dan masa belajar di sekolah akan ditentukan kemudian.

"Proses kegiatan belajar di rumah tetap dilaksanakan seperti masa belajar di rumah yang diberlakukan sebelumnya. Soal aturan teknis terkait pelaksanaan belajar mengajar nanti disusun berikut penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi," kata Marwan kepada detikcom, Sabtu (28/3/2020).

Dalam SE tersebut juga menyinggung soal mekanisme pelaksanaan sistem kerja guru bekerja dari rumah (work from home). "Bisa dengan memanfaatkan media teknologi informasi, namun hal ini tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing," ujar Marwan.

Sebelumnya, aturan soal belajar di rumah sempat diberlakukan sebagai antisipasi penyebaran virus Corona. Disdik Kabupaten Sukabumi mengeluarkan edaran agar pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan di rumah mulai 16 Maret hingga 29 Maret. Sedangkan tenaga pendidik atau guru tetap beraktivitas seperti biasa di sekolah.

Kebijakan itu berdasarkan surat dengan nomor 420/1920/Sekret. Kebijakan itu keputusan Gubernur Jawa Barat tentang pencegahan dan penanggulangan Coronavirus Disease 19 (Covid-19) di Jawa Barat.

(sya/bbn)