Masa Belajar di Rumah Diperpanjang untuk Siswa SD-SMP Kota Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 18:12 WIB
Dinas Pendidikan Kota Serang
Surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang (Foto: istimewa)
Serang -

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang memperpanjang masa belajar di rumah untuk siswa SD dan SMP. Siswa diminta belajar di rumah hingga 20 Mei 2020.

"Betul sudah diputuskan hari ini pada siang tadi di rapat dinas dengan para stakeholder, pengawas dan semua pejabat dinas," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Nursalim kepada detikcom di Serang, Banten, Jumat (27/3/2020).

Selain itu, proses belajar di rumah juga bisa memberikan wawasan mengenai pengenalan pandemi virus Corona dan bagaimana pencegahannya. Perpanjangan masa belajar di rumah sudah diberlakukan di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan untuk tingkat SD dan SMP.

Keputusan masa belajar di rumah mempertimbangkan kondisi darurat penyebaran wabah virus Corona di Banten. Selain itu, pihak sekolah juga dilarang untuk mengumpulkan siswa saat ujian sekolah. Ujian dilaksanakan dalam bentuk penugasan, tes online dan asesmen jarak jauh.

Akibat masa perpanjangan ini, siswa akan kembali memasuki masa belajar sekolah pada 2 Juni 2020. Hal ini karena pada tanggal 21 Mei hingga 1 Juni memasuki masa libur Lebaran. Namun, sejauh ini belum ada pengumuman resmi perpanjangan masa belajar untuk tingkat SMA dan SMK yang di bawah pengelolaan Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

(bri/bbn)