Tanggul Sungai Jebol, Restoran di Sukabumi Terendam Banjir

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 21:58 WIB
Banjir rendam restoran tahu sumedang di Sukabumi
Banjir rendam restoran tahu sumedang di Sukabumi (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Restoran Tahu Sumedang di Desa Mangkalaya, Kecamatan Gunungguruh terendam banjir setelah tanggul Sungai Cibatu, Jelegong jebol. Luapan air merusak tembok restoran, air sempat merendam lokasi tersebut.

"Kejadian sekitar pukul 14.00 WIB, saat ini petugas BPBD masih berada di lokasi kejadian," kata Anita Mulyani, staf BPBD Kabupaten Sukabumi kepada detikcom, Kamis (26/3/2020).

Hingga saat ini belum dilaporkan ada korban jiwa maupun kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut. Foto-foto saat air merendam restoran tersebar di aplikasi perpesanan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan setempat, petugas Damkar, BPBD P2BK, Babinsa dan Bhabinkantibmas setempat," imbuhnya.

Selain kejadian tersebut, Anita juga menyebut terjadi beberapa titik bencana seiring hujan deras yang terjadi merata sejak siang hingga malam ini. Anggota BPBD saat ini masih tersebar melakukan asesmen.

"Sekitar pukul 15.00 WIB di Kampung Cileungsir RT 040 RW 010, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah hujan deras mengakibatkan longsor tebing yang menutup saluran irigasi sehingga aliran air masuk ke pemukiman warga yang mengakibatkan 2 Unit Rumah, 2 KK 7 Jiwa rusak berat. Untuk taksiran kerugian sendiri mencapai Rp 150 juta," ujar Anita.

Masih karena dampak hujan, banjir juga mengakibatkan beberapa rumah terendam di Kampung Mayak RT02 RW 11, Desa Bojongkembar dan di Desa Sukamantri Kecamatan Cisaat.

(mud/mud)