Akun Instagram Ini Ajak Netizen Donasi APD untuk Tenaga Medis di Jabar

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 21:21 WIB
ilustrasi corona
(Foto: ilustrasi corona)
Bandung -

Alat Pelindung Diri (APD) menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi tenaga medis dan pasien positif Covid-19. Karena sifatnya sekali pakai, tenaga medis dan pasien membutuhkan APD dalam jumlah besar.

Meskipun Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah menyediakan kebutuhan APD, namun hal tersebut belum dirasa cukup karena masih harus didistribusikan ke berbagai daerah.

Untuk itu, Jabar Quick Response menggandeng Wakaf Salman membuat program 'Follow For Donate' yaitu follow akun Instagram @wakafsalman.itb masyarakat sudah berdonasi Rp 5.000.

"Dengan kondisi wabah Covid-19 yang sudah semakin banyak korban yang positif, PDP dan ODP. Umumnya di Indonesia, dan khususnya di Jawa Barat ada 73 orang data di Pikobar. Pastinya ini ke depan harus ada kolaborasi dari berbagai pihak terutama bagi tenaga medis." kata Direktur Wakaf Salman, Muhammad Khirzan dalam teleconference pada Kamis, (26/3/2020).

Selain melalui follow akun Instagram, masyarakat juga dapat berdonasi sambil menjaga physical distancing yaitu dengan menggunakan fasilitas QR Code untuk Dana, Gopay, Ovo, dan Link Aja. Target Wakaf Salman dan Jabar Quick Response dalam mengumpulkan donasi sebesar Rp 2 miliar yang akan diberikan kepada 34 rumah sakit di Jabar.

Menurut Manager Operasional Wakaf Salman, Ryan Faisal menuturkan bantuan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk konvensional saja. Perhitungannya, kata dia, ada di tim digital dengan melihat kontribusi dari masyarakat.

"Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan plastik, baju dan kacamata pelindung untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit Jabar yang menangani Corona, serta membantu biaya keseharian tenaga kesehatan Rumah Sakit di Jabar seperti memberikan makanan, logistik, dan transportasi." Katanya.

"Di sisi lain, Tim Publikasi dan Media Jabar Quick Response Aditya Sanggaputra menyambut baik aksi Wakaf Salman ini. "Dengan adanya kerjasama ini diharapkan banyak masyarakat dan tenaga kesehatan yang dapat tertolong dengan bantuan yang nantinya akan disalurkan oleh Wakaf Salman melalui JQR," Ujarnya.

(mud/mud)