Kasus Pengantin Pesanan di Cimahi, WNA China Divonis 5 Tahun Bui

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 17:42 WIB
Imigrasi tangkap WNA Tiongkok pelaku pengantin pesanan di Cimahi.
Kasus pengantin pesanan (Foto: Yudha Maulana)
Jakarta -

Kasus pengantin pesanan yang melibatkan satu orang warga negara China memasuki babak akhir. Terdakwa Shao Dongdong (29) divonis hukuman 5 tahun penjara.

Vonis dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung Zainal dalam sidang yang digelar pada Kamis (26/3/2020).

"Mengadili, menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Shao Dongdong selama lima tahun penjara," ucap hakim berdasarkan keterangan resmi yang diterima detikcom dari Kantor Imigrasi Bandung.

Pelaksanaan sidang sendiri dilakukan secara visual guna mencegah penyebaran virus Corona. Majelis hakim berada di ruang sidang PN Bale Bandung sedangkan terdakwa berada di Rutan Bandung.

Kembali ke persidangan. Selain menjatuhkan hukuman penjara, Shao Dongdong juga dikenakan hukuman membayar denda sebesar Rp 500 juta rupiah.

"Bila tidak dibayarkan diganti dengan hukuman tiga bulan penjara," kata hakim.

Dalam persidangan tersebut, hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah atas perbuatannya sesuai pasal 120 ayat 2 Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1.

Vonis yang diberikan majelis hakim lebih rendah ketimbang tuntutan jaksa. Dalam sidang tuntutan sebelumnya, jaksa menuntut Shao Dongdong dengan hukuman 8 tahun penjara.

Kasus pengantin pesanan ini berawal saat terdakwa mencari
mencari perempuan asal Indonesia untuk dinikahi dan diboyong ke China. Dibantu istrinya, Shao Dongdong mengiming-imingi wanita incarannya tersebut dengan sejumlah uang.

Singkat cerita sejumlah WNI diboyong ke China. Dari informasi yang dihimpun Kantor Imigrasi, para wanita yang menjadi korban tak diperlakukan dengan layak ketika berada di China.

Shao Dongdong pun ditangkap Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kantor Imigrasi Bandung pada 8 Juli 2019 lalu.

(dir/mud)