Cegah Corona, 7 Napi Jalani Sidang Virtual dari Rutan Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 16:28 WIB
Sidang Virtual Bandung
Napi yang mengikuti sidang virtual dari Rutan Bandung. (Foto: dok.Rutan Bandung)
Jakarta -

Rutan Bandung mulai melakukan sidang secara virtual. Pelaksanaan sidang online ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Jalannya persidangan dilakukan layaknya teleconference. Terdakwa, pengacara hingga jaksa berada di salah satu ruangan di dalam rutan Bandung. Sementara majelis hakim, di tempat berbeda dan bisa dilihat oleh terdakwa melalui layar lebar.

"Jadi mulai hari ini, tadi kita untuk sidang tidak di pengadilan negeri. Kami sekarang untuk proses persidangan berada di dalam rutan. Kami siapkan dua ruang untuk sidang secara terpisah. Jaksa penuntut umum, pengacara datang ke rutan dan tidak membawa tahanan kami keluar rutan," ujar Karutan Bandung Riko Stiven saat dikonfirmasi, Kamis (26/3/2020).

Riko menuturkan dalam sidang virtual ini, ada tujuh terdakwa. Dua terdakwa menjalani sidang dengan majelis hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Bandung sementara lima terdakwa menjalani sidang dengan majelis hakim dari PN Bale Bandung.

"Proses persidangan berjalan lancar. Untuk IT nya kita koordinasi dengan Direktorat IT dan Direktorat Pemasyarakatan. Untuk sidang di rutan perangkatnya kita siapkan semua," kata Riko.

Selanjutnya
Halaman
1 2