ODP Corona Jadi 184, Ini Kata Dinkes Kabupaten Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 16:20 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Sukabumi -

Jumlah warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Corona di Kabupaten Sukabumi terus meningkat. Saat ini ada 184 ODP di Kabupaten Sukabumi atau bertambah sebanyak 54 orang dari Rabu (25/3/2020) kemarin.

Apabila ditotal keseluruhan, sejak pertama penanganan tercatat sebanyak total 214 orang dinyatakan berstatus ODP dan selesai pemantauan sebanyak 30 orang.

"ODP yang baru adalah dari orang yang kontak erat dengan PDP atau yang sudah melakukan perjalanan ke daerah terpapar. Atau bisa juga dari status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bisa menjadi ODP karena masih dalam pemantauan ketat dari petugas," Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Harun Alraysid, Kamis (26/3/2020).

Demi mencegah penyebaran virus Corona, dia meminta warga Sukabumi yang telah melakukan perjalanan ke daerah zona merah Corona untuk melapor ke pusat kesehatan terdekat.

"Yang jelas kalau ada yang datang dari lokasi terpapar virus agar segera melapor ke pusat kesehatan terdekat," jelas Harun.

Selain itu, dia juga menyatakan akan terus melakukan penyemprotan disinfektan demi memutus penyebaran virus Corona. Pihaknya juga meminta warga untuk tetap tenang dan mengikuti segala arahan dari pemerintah dan pihak terkait lainnya.

"Berbagai upaya terus dilakukan, hari ini saja masih semarak tiap-tiap kecamatan telah melakukan upaya pencegahan, salah satunya dengan penyemprotan (disinfektan). Namun hal lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana mengedukasi masyarakat untuk tetap tenang dan tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap bersih dan sehat salah satunya kita melakukan edukasi dan sosialisasi secara serempak di tiap-tiap kecamatan dan desa," ujarnya.

Update Lengkap BNPB: 893 Kasus Positif, 78 Orang Meninggal:

(sya/mso)