Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp 500 M untuk Tangani Corona

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 23:55 WIB
Ridwan Kamil bagikan masker gratis
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Pemprov Jabar akan kembali melakukan refocusing dan relokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19). Dana itu, selain untuk menanggulangi isu kesehatan, juga untuk mengatasi isu ekonomi yang muncul akibat wabah.

Hal itu dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/20).

"Kita siapkan dana sampai Rp 500 miliar. Dana itu sedang kita diskusikan dengan DPRD untuk dicari sumber-sumbernya, arahan presiden dana itu diambil dari anggaran yang tidak diprioritaskan, dimayoritaskan untuk anggaran kesehatan," kata pria yang akrab disapa Emil itu.

Menurut dia, kemungkinan dana ratusan miliar itu akan didapatkan salah satunya dari alokasi perjalanan dinas. "Sesuai arahan presiden, agar daerah segera melakukan analisa, untuk melakukan pergeseran mana yang dilakukan untuk menguatkan dana kedaruratan. Antara lain dari dana perjalanan dinas untuk dipangkas dan digeser, lalu anggaran lain yang tidak prioritas," tutur Emil.

Selanjutnya
Halaman
1 2