Corona Pandemik, Sebagian Tahapan Pilbup Bandung Ditunda

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 21:12 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Kabupaten Bandung -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menunda beberapa tahapan Pilbup Bandung 2020. Hal tersebut imbas merebaknya wabah virus Corona (Covid-19). Tercatat sudah ada tiga warga Kabupaten Bandung positif Corona.

Sekadar diketahui, KPU Pusat menginstruksikan penundaan Pilkada Serentak 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. "Untuk yang ditunda adalah sebagian tahapannya, yaitu pelantikan PPS, pembentukan PPDP, penyusunan, pencocokan dan penelitian (coklit) DPT," ujar Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, Selasa (24/3/2020).

Agus belum mengetahui kapan akan dilanjutkan tahapan Pilbup tersebut. "Intinya sampai kapan ini ditunda, kita belum tahu, termasuk apakah ini akan mengganggu hari pencoblosan pun kita tidak tahu," ujar Agus.

Rencananya, menurut Agus, pada 22 Maret lalu dilaksanakan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Namun, untuk menghindari kerumunan orang banyak, KPU Kabupaten Bandung memutuskan untuk menunda kegiatan tersebut.

"PPS yang rencana dilantik itu sekitar 840-an. Itu tiga orang per desa," ucap Agus.

Tahapan verifikasi calon perseorangan tidak dilakukan dalam ajang Pilbup Bandung kali ini. Sebab tidak ada bakal calon dari jalur perseorangan yang memenuhi syarat yang ditetapkan KPU Kabupaten Bandung.

(bbn/bbn)