Jadi ODP di Klaster 'Musda Hipmi', Ridwan Kamil Akan Tes Corona Lagi

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 20:14 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Yudha Maulana
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan akan kembali melakukan proaktif tes Covid-19 pasca menghadiri musyawarah daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jabar di Karawang, 9 Maret 2020 lalu.

Pasalnya dari hasil proaktif tes atau tes mandiri yang diuji di Labkesda Jabar, tujuh orang yang menghadiri Musda Hipmi diketahui terpapar Covid-19. Dua di antaranya Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dan Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana.

"Saya sendiri hadir dalam Musda itu untuk membuka acara," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu di Gedung Pakuan, Kota Bandung pada Selasa (24/3/2020).


Dari foto-foto yang beredar, Emil satu deret dengan Yana dan Cellica. Di sampingnya ada Walikota Cimahi Ajay M Priatna dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Sedianya Emil pernah melakukan proaktif tes dengan metode PCR (polymerase chain reaction) setelah diketahui berdampingan dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menjemput 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Kertajati, Majalengka awal Maret lalu.

Kang Emil pun menyatakan hasil pemeriksaannya dan istri, Atalia Praratya negatif dan diumumkan pada 16 Maret 2020 lalu di Grha Persib, Kota Bandung. "Saya akan melakukan tes kedua untuk memastikan kepastian keamanan dari kami sendiri," ungkapnya.


(yum/ern)