Pesawat TNI Kirim 60 Ribu APD dari Bandung ke Jatim, Yogya dan Bali

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 13:44 WIB
Pesawat TNI Kirim ADP
Peswat TNI siap mengirim alat pelindung diri (APD) untuk petugas kesehatan di sejumlah wilayah Indonesia. (Foto: Dok.Kodam III Siliwangi)
Bandung -

Sebanyak 60.000 kotak alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan diterbangkan dari Bandung untuk sejumlah wilayah di Indonesia. Puluhan ribu kotak APD itu diterbangkan melalui pesawat TNI AU.

APD tersebut berasal dari PT Ing International yang berada di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. APD diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (23/3/2020).

"APD yang diambil dari Bandung ini jumlahnya 60.000 unit (kotak)," ucap Kapendam Siliwangi Kolonel FX Sri Wellyanto kepada detikcom.

Welly mengatakan APD tersebut merupakan pesanan dari pemerintah pusat untuk tenaga kesehatan berkaitan pandemi Corona. Puluhan ribu kotak APD tersebut dikirim atau disebar ke sejumlah wilayah.

Pesawat TNI Kirim 60 Ribu APD dari Bandung ke Jatim, Yogya dan BaliPeswat TNI siap mengirim alat pelindung diri (APD) untuk petugas kesehatan di sejumlah wilayah Indonesia. (Foto: Dok.Kodam III Siliwangi)

Untuk Jabar mendapatkan kuota sebanyak 15.000 kotak, Jawa Tengah sebanyak 10.000 kotak, Jawa Timur 10.000 kotak, DIY 1.000 kotak, Bali 5.000 kotak, Banten 5.000 kotak, Bogor 5.000 kotak dan cadangan 9.000 kotak.

"Satu kotak ini berisi 50 buah APD. Didistribusikan menggunakan pesawat Hercules TNI AU untuk daerah Jateng dan Jatim. Pesawat Boeing TNI AU untuk daerah Bali dan Yogya serta kendaraan truk untuk daerah Jabar, Banten, Bogor dan cadangan nasional di Halim," kata Sri Wellyanto.

(dir/bbn)