Di Tengah Ancaman Corona, Petugas Damkar Tangkap Kobra di Rumah Warga

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 18:21 WIB
Ular kobra ditangkap petugas damkar cimahi
Ular kobra yang berhasil ditangkap petugas Damkar Cimahi/Foto: Istimewa
Cimahi -

Di tengah Pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19, personel Pemadam Kebakaran Kota Cimahi masih melayani laporan masyarakat, salah satunya ular masuk rumah.

Personel Pemadam Kebakaran Kota Cimahi menerima laporan adanya ular masuk rumah dari warga Jalan Perum Graha Kencana Residence, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu (21/3/2020) sekitar pukul 13.40 WIB.

Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Indrahadi, mengatakan langsung menuju ke lokasi dan melaksanakan operasi evakuasi hewan melata itu sekitar pukul 13.50 WIB.

"Betul kami terima laporan adanya ular masuk rumah warga. Setelah dicek posisi ular ada di dalam kamar sehingga membuat pemilik rumah panik," ujar Indrahadi.


Ular yang ditangani oleh personel merupakan ular kobra yang bernama latin Ophiophagus Hannah berwarna hitam pekat dengan panjang sekitar 1,3 meter dengan diameter 5 centimeter.

"Seorang personel menggunakan snake hook dan berpakaian lengkap langsung menangkap ular yang melilit di barang-barang pemilik rumah yang tergantung. Prosesnya cukup singkat, sekitar 10 menit," katanya.

Ular tersebut kemungkinan masuk dari bagian belakang rumah pemilik yang berbatasan dengan lapangan golf Brigif 15 Kujang.

"Di belakangnya itu memang lapang golf, masih banyak pepohonan dan ada kolamnya juga. Kemungkinan ular dari situ. Kami imbau warga untuk menutup lubang-lubang dan ventilasi dengan kawat ram, jadi menghalangi ular dan binatang lainnya masuk," terangnya.

(ern/ern)