Pengidap HIV di Kabupaten Bandung Rentan Terinfeksi Covid-19

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 15:51 WIB
ilustrasi corona
(Foto: ilustrasi corona)
Bandung -
Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) menjadi kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19. Sebab, kekebalan tubuh ODHA lemah sehingga rentan tertular virus lain.
"Iya, sangat rentan buat teman-teman ODHA. Karena sistem imunnya bisa dikatakan lemah," ujar Dinan Naufal selaku Pengelola Program Pencegahan Penanggulangan HIV Komisi Perlindungan IDS (KPA) Kabupaten Bandung, Jumat (20/3/2020).
Dengan adanya tiga pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bandung, Dinan meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung lebih aktif menyediakan keperluan alat perlindungan diri bagi masyarakat termasuk kelompok ODHA.
"Perhatian lebih dari dinas terkait agar dapat memfasilitasi secara aktif penyediaan alat perlindungan diri di layanan kesehatan baik puskesmas maupun RS agar mudah diakses oleh para teman pendamping ODHA," ujar Dinan saat dihubungi oleh detikcom.
Masker menjadi barang yang penting untuk alat perlindungan diri ODHA dari virus yang ada di sekitarnya. Namun, kata Dinan, kini persediaan masker di beberapa apotek sekitar Kabupaten Bandung sulit ditemukan.
"Kemarin dari teman pendamping mengeluhkan masker. Mereka mau beli masker di apotek kosong. Kalau kosong biasanya ke puskesmas atau rumah sakit. Rumah sakit juga terbatas," keluh Dinan.

Selanjutnya
Halaman
1 2