Ridwan Kamil Ungkap Kronologi Pemeriksaan Bima Arya hingga Positif Corona

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 14:11 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap kronologi awal pemeriksaan Walikota Bogor Bima Arya hingga akhirnya dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Seperti diketahui, politikus PAN itu baru pulang dari agenda kedinasan di Azerbaijan dan Turki.

"Sejak Sabtu (14/3), sudah ada 300 orang yang melakukan tes cepat. Dari hasil tes, ada lima orang yang terpapar positif. Salah satunya Wali Kota Bogor," kata pria yang akrab disapa Kang Emil di Lobby Lokantara Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020).

Setelah diketahui terpapar virus, lanjut Emil, Bima diisolasi di RSUD Kota Bogor. Selain Bima, lima staf yang mengiringi perjalanan dinasnya juga diperiksa. Hasilnya, dua orang lainnya juga terinfeksi virus yang mengganggu saluran pernafasan itu.

"Jadi sepulangnya dari Turki, enam orang dalam rombongan diperiksa. Hasil tesnya tiga positif, termasuk Bima Arya. Dari hasil pemantauan, ke enam orang ini tidak menunjukkan gejala sakit dan terlihat sehat," ujarnya.

"Jadi ini membuktikan kekhawatiran kami, bahwa virus ini bisa beredar kepada orang yang sehat dan tak bergejala. Artinya jaga jarak atau social distancing itu penting, karena bisa saja (pembawa virus) ada di sekitar kita," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2