101 Warga Cianjur Terjangkit DBD, Dua Meninggal Dunia

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 17:24 WIB
makanan dbd
Foto: Ilustrasi (istimewa).
Cianjur -

Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur mencatat ada 101 warga yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD) sejak Januari hingga Maret 2020. Dari jumlah tersebut ada dua pasien DBD yang meninggal dunia.

"Jadi ada dua pasien meninggal, satu pasien berusia 1,5 bulan asal Kecamatan Cibeber dan satu lagi 9 tahun asal Kecamatan Cianjur. Itu data se Kabupaten Cianjur dari sejumlah rumah sakit," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Yusman Faisal kepada detikcom, Kamis (19/3/2020).

Sementara itu RSUD Sayang Cianjur saat ini tengah merawat belasan pasien DBD. Berdasarkan data yang didapat sejak Januari sampai Maret ada 59 pasien DBD yang ditangani pihak rumah sakit. Sebanyak 45 sudah pulang dan belasan lainnya masih menjalani perawatan.

"Meninggal satu pasien. Pasien datang dalam kondisi sudah parah, langsung dimasukan ke ruang HCU, tapi selang beberapa jam pasien meninggal," ujar Diana kepada detikcom, Kamis (19/3/2020).

Diana mengatakan, saat ini masih ada 13 pasien yang masih dirawat intensif di sejumlah ruangan di rumah sakit. "Kondisinya sudah mulai menunjukan perkembangan. Tapi masih kami pantau dan tangani secara optimal," ujarnya.

(mso/mso)