Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona di Karawang Belum Selesai Dibangun

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 16:20 WIB
RS Hermina Karawang
Foto: RS Hermina KarawangRS Hermina Karawang belum selesai. Manajemen sedang mengebut pengerjaan karena ditunjuk jadi tempat rujukan pasien corona (Luthfiana Awaluddin).
Karawang -

Rumah Sakit Hermina, tempat rujukan pasien corona di Kabupaten Karawang, Jawa Barat belum siap beroperasi. Rumah sakit swasta yang ditunjuk pemerintah untuk menampung pasien Corona itu masih dalam tahap pembangunan.

Saat detikcom mendatangi rumah sakit di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi, Kampung Sukasari, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, terlihat batu kerikil dan semen masih menumpuk. Sejumlah pekerja nampak sibuk memasang kaca dan paving block. Tempat parkir dan fasilitas lain nampak belum siap. Gedung rumah sakit setinggi empat lantai itu belum rampung 100 persen.

Seorang petugas keamanan menuturkan, RS Hermina Karawang dibangun di atas lahan seluas 8 ribu meter persegi. Meski belum rampung, ia mengklaim sejumlah fasilitas kesehatan sudah berdatangan.

"Proyeknya sedang dikebut," kata petugas Satpam yang enggan disebutkan namanya, saat ditemui di lokasi, Kamis (19/3/2020).

Adapun seorang mandor menuturkan, pembangunan rumah sakit dimulai sejak Agustus 2019 dan ditargetkan selesai akhir April 2020.

Menurut sejumlah bidan yang enggan disebutkan namanya, RS Hermina Karawang sedang merekrut tenaga medis. Saat ini, sejumlah tenaga medis seperti perawat sedang diberi pelatihan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nurdin Hidayat membenarkan jika RS Hermina Karawang belum beroperasi. Bahkan kata Nurdin, perizinan RS Hermina Karawang juga belum lengkap.

"Perizinan RS Hermina belum lengkap. Sudah saya telusuri. Tapi yang saya dengar fasilitasnya bakal lengkap," kata Nurdin.

Kemarin, juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pemerintah menunjuk tiga rumah sakit swasta menjadi tempat rujukan pasien Corona. Ketiga rumah sakit itu adalah adalah Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jatiasih, dan Rumah Sakit Hermina Karawang.

Jokowi Ingin Tenaga Medis Corona Diberi Perlindungan dan Insentif:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)