Pasien Positif Corona di Jabar Melonjak, Tiga per Empatnya dari Bekasi

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 15:58 WIB
Ridwan Kamil bertemu dengan Aa Gym
Foto: Yudha Maulana
Bekasi -

Jumlah pasien positif Corona di Jawa Barat meningkat dua kali lipat pada Kamis (19/3/2020). Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar), Kamis (19/3/2020) siang, total sudah ada 22 orang yang positif terpapar virus covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan jumlah ini melonjak drastis dibandingkan sehari sebelumnya yang baru menyentuh 12 pasien positif. Kebanyakan, ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu, pasien positif corona yang baru terdeteksi berdomisili di Kota Bekasi.

"Update terakhir, 22 pasien positif di Jabar. Meningkat dua kali lipat hanya dalam satu hari dan mayoritas tiga perempat kami hitung secara matematika adanya di daerah yang dekat dengan Jakarta, mayoritasnya di Bekasi," kata dia di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (19/3/2020).


Peta visual sebaran positif Corona di Jabar berada di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Purwakarta, Kota Depok Kabupaten Bekasi, hingga Kota Cirebon.

"Oleh karena itu saya sudah telepon walikota dan bupati dan lain-lain untuk memastikan kurangi pergerakan ke Jakarta karena episentrumnya ada di sana dan terbukti dalam sehari lompatannya di daerah itu," ucap dia.

Selain penambahan jumlah pasien corona, dalam data Pikobar terbaru tercatat orang yang berstatus dalam pemantauan (ODP) telah berada di angka 1.412 dan angka pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) berjumlah 132 pasien.


Terkait penambahan pasien di Jabar, Kang Emil menuturkan sesuai protokol WHO, pihaknya hanya bisa menyampaikan sebatas usia dan jenis kelamin dari pasien. "Tolong hargai hak dari (pasien) itu," kata dia.

Netizen Cemas Corona, #Indonesia_LockdownPlease Menggema:

[Gambas:Video 20detik]



(yum/ern)