Pandemi Corona, Mahasiswa Karawang Bikin Hand Sanitizer Standar WHO

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 15:39 WIB
Mahasiswa Karawang Bikin Hand Sanitizer
Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang membuat hand sanitizer. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang -

Mahasiswa jurusan Farmasi, Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, membuat cairan pencuci tangan atau hand sanitizer untuk dibagikan ke masyarakat berkaitan pandemi virus Corona. Sebab, saat ini hand sanitizer di Karawang sudah langka. Masyarakat pun kelimpungan mencari cairan aitiseptik tersebut.

"Saat ini mahasiswa sedang berupaya menolong masyarakat yang sedang kesusahan karena hand sanitizer yang langka di pasaran," ujar Amelia Herli (24) mahasiswa Farmasi saat ditemui detikcom di Laboratorium UBP Karawang, Kamis (19/3/2020).

Amelia berpendapat, di tengah pandemi Corona saat ini, hand sanitizer adalah barang yang sedang dicari. Namun sayangnya, barang itu sedang sulit didapatkan. Alhasil sekira pekan lalu, BEM UBP Karawang berinisiatif membuat hand sanitizer secara mandiri.

"Awalnya kami membuat untuk diberikan ke kalangan sendiri. Hand sanitizer ini dibagikan ke dosen dan mahasiswa untuk mencegah virus Corona di kampus. Tapi karena melihat hand sanitizer langka di pasaran, kami ingin membagikannya ke masyarakat," tutur mahasiswa semester delapan itu.

Neni Sri Gunarti, Dekan Fakultas Farmasi UBP menuturkan, hand sanitizer yang sedang dibuat di UBP tidak sembarangan. Mahasiswa membuat hand sanitizer yang sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

"Kita produksi sesuai standar yang ditetapkan WHO saat pandemi Corona ini. Kadar alkoholnya mencapai 95 persen. Standar paling tinggi. Ditambah bahan lainnya seperti diserine, H2O2, essence, aquadesh," kata Neni saat membimbing mahasiswanya.

Presiden Jokowi Instruksikan 'Rapid Test' Corona dalam Cakupan Besar:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2