Beredar Video Pasien Corona di Kota Bogor, Pemkot Beri Penjelasan

Farhan - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 20:17 WIB
Pasien diduga corona di bogor yang videonya viral
Foto: Tangkapan layar video viral
Bogor -

Video petugas rumah sakit dengan pakaian khusus dan mobil ambulans beredar melalui pesan whatsaap di kalangan warga Kota Bogor. Dalam video tersebut, si perekam sempat menyebut kalau petugas tersebut akan mengangkut pasien kasus corona.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut nampak 3 petugas dengan pakaian khusus yang biasa digunakan untuk menangani pasien kasus virus corona. Ketiga petugas nampak bersiap-siap menunggu pasien yang akan dimasukkan ke dalam ambulans.

"Wih di mulia (RS Mulia,red) ada yang kena virus corona, euy. Tuh lihat petugasnya pakai baju astronot. Corona, oh corona, udah di Bogor," kata si perekam dan tersengar dalam video tersebut.

Juru Bicara Pemkot Bogor Untuk Siaga Corona Sri Nowo Retno memberi tanggapan terkait video tersebut. Ia membenarkan video tersebut memang direkam di depan RS Mulia, Jalan Pajajaran, Bogor Utara, Kota Bogor. Video tersebut direkam oleh driver ojek online.


Moment tersebut, kata Sri, diambil si perekam saat petugas hendak merujuk pasien dari RS Mulia ke RS Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Pasien tersebut didiagnosa mengidap Pneumonia atau infekai paru-paru dan membutuhkan ruang isolasi," kata Sri dalam siaran persnya, Selasa (17/3/2020).

Pasien tersebut, lanjut Sri, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan hanya memiliki riwayat bepergian ke Cirebon, Jawa Barat.


"Pasien tersebut tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien positif corona, tidak bepergian ke negara terjangkit corona, namun memiliki riwayat bepergian ke Cirebon, Jawa Barat," Papar Sri.

"Dokter Spesialis Paru di RS Mulia merasa curiga PDP karena memiliki diagnosa Pneumonia, kemudian dirujuk ke RSUD Cibinong," imbuhnya.

(ern/ern)