ADVERTISEMENT

Lapas Sukamiskin Akan Lockdown, Napi Bisa Video Call Keluarga

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 15:27 WIB
Lapas Sukamiskin Bandung
Lapas Sukamiskin (Foto: Tri Ispranoto-detikcom)
Bandung -

Wabah Corona berimbas ke beberapa sektor tak terkecuali Lapas Sukamiskin. Bahkan, Lapas Sukamiskin berencana di-lockdown untuk mencegah penyebaran pandemi Corona.

"Kemungkinan akan setop (sesi kunjungan) lockdown," ucap Kalapas Sukamiskin Abdul Karim kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Karim menyatakan lockdown yang dilakukan Lapas Sukamiskin ini salah satunya dengan meniadakan sesi kunjungan. Upaya lockdown ini memang belum dilakukan dan masih menunggu keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar.

"Setop kunjungan datang ke lapas selama 14 hari. Kemungkinan nggak ada kunjungan. Mau kami coba. Selebihnya tunggu arahan pimpinan," kata dia.

Sebagai gantinya, para keluarga dari narapidana di lapas khusus koruptor itu akan diberlakukan video call. Program ini senada dengan yang dicanangkan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris.

Guna memberlakukan hal tersebut, pihaknya mulai hari ini akan mensosialisasikan terlebih dahulu kepada para narapidana di Lapas Sukamiskin.

"Sementara hari ini kami sudah sosialisasi ke warga binaan diinformasikan akan pembatasan kunjungan selama beberapa hari ke depan," katanya.

Sementara itu, Lapas Sukamiskin juga sudah melalukan tes kesehatan kepada para napi koruptor. Berdasarkan hasil pengecekan, Karim menyebut tak ada napi yang sakit atau ada gejala Corona.

"Aman sehat, tidak ada yang di atas 38 derajat," katanya.

Sebelumnya, Kadivpas Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris berencana memberlakukan sistem video call dalam proses kunjungan narapidana. Pemberlakuan ini dilakukan di lapas dan rutan yang termasuk zona merah.

Zona merah yang dimaksud sendiri merupakan daerah yang mana ada warganya positif virus Corona. Aris menyebut zona merah ini mengacu pada data pemerintah daerah.

Di Jabar, sambung Aris, ada beberapa daerah yang terdapat warga positif Corona seperti Kota Bandung, Purwakarta, Cianjur Bekasi dan Depok. Sehingga lapas/rutan di daerah-daerah tersebut akan menggunakan metode video call dalam kunjungan.

"Nanti video call akan difasilitasi oleh petugas. Bisa dilakukan dari rumah. Nanti sistemnya absensi giliran untuk WBP (warga binaan pemasyarakatan) yang akan melakukan video call. Atau keluarga bisa menyampaikan kepada petugas untuk video call," kata dia.

Tonton juga Imbas Corona, Lapas Purwakarta Fasilitasi Video Call untuk Napi :

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT