Virus Corona Pandemik, Operasional Bus Wisata Gatrik Ciamis Disetop

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 12:53 WIB
Bus wisata Gatrik di Ciamis
Foto: Bus wisata Gatrik di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Keberadaan 2 bus wisata Galuh Tour Kota Klasik (Gatrik) menjadi sarana yang diminati warga Ciamis, Jawa Barat, untuk lebih mengenal tempat bersejarah di daerahnya. Namun untuk mencegah penyebaran Corona, operasional bus wisata itu kini dihentikan sementara.

Padahal sejak diluncurkan pada 24 Februari 2020 oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, antusiasme anak sekolah dan warga membludak. Bahkan yang pesan terlebih dahulu harus antre menunggu hingga 1 minggu, baru bisa menggunakan sarana wisata itu.

Dihentikannya operasional Bus Gatrik menyusul adanya edaran dari Pemkab Ciamis untuk menutup wisata di Ciamis. Bus Gatrik akan dioperasikan kembali bila kondisi membaik, menunggu instruksi selanjutnya.

"Mohon permakluman dari seluruh warga masyarakat serta mohon dukungan dan kerjasamanya. Dalam upaya kita meminimalisir dampak perkembangan Covid-19, Gatrik dihentikan sementara, tindak lanjut dari edaran Bupati Ciamis," ucap Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia, Selasa (17/3/2020).

Meski operasi Bus Gatrik ditutup, namun masih banyak warga yang datang ke Turis Informasi Center (TIC) ingin mencoba wahana tersebut. Meski harus kecewa tak bisa dilayani karena sejak Minggu sampai waktu yang belum ditentukan Gatrik berhenti beroperasi.

"Masyarakat dimohon bersabar semoga virus Covid-19 ini cepat berlalu dan masyarakat bisa beraktivitas normal seperti biasa," kata Budi.

Untuk diketahui, 2 Bus Gatrik ini diperoleh dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kegunaannya hampir sama dengan Bus Bandros yang ada di Bandung yang sudah lama beroperasi. Bus Gatrik beroperasi setiap hari, titik keberangkatan berada di Turis Informasi Center (TIC) Jalan RAA Sastrawinata atau belakang Islamic Center.

Bus Gatrik akan membawa wisatawan berkeliling di perkotaan Ciamis, akan transit di beberapa lokasi. Yang paling utama wisatawan akan diajak ke Museum Galuh Pakuan dan Situs Jambansari. Tujuannya supaya wisatawan mengetahui sejarah Kerajaan Galuh dan Bupati Galuh terdahulu.

Beberapa tempat heritage yang dilalui dan dikunjungi lainnya seperti pabrik minyak Gwan Hien, pabrik bedak Saripohaci, Pabrik Galendo, Imah Loji eks Kwadanan. Juga berkunjung ke Sirkuit BMX, Alun-alun hingga Stadion Galuh Ciamis. Rute tersebut ditempuh dengan waktu 1 jam sampai finis di TIC.

Dalam Bus Gatrik juga dilengkapi seorang tour guide, yang akan menunjukan dan menjelaskan tempat-tempat penting di Perkotaan Ciamis.

(mso/mso)