Pandemi Corona, PNS di Bandung Barat dan Cimahi Tetap Ngantor!

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 17:18 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Bandung Barat -

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Pemkot Cimahi menyatakan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di lingkungan pemerintahannya tetap masuk kantor dan bekerja seperti biasa. Meski Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan keputusan ASN bisa bekerja dari rumah demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Untuk ASN di kita masih harus tetap berjalan atau kerja di kantor mulai dari kecamatan maupun di Kantor Pemkab," kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara saat ditemui di Desa Cihanjuang, Senin (16/3/2020).

Aa mengaku, akan melakukan upaya pencegahan agar virus Corona tidak menyebar. Salah satunya dia tidak akan menggelar apel pagi selama dua pekan ke depan.

"Apel untuk sementara tidak ada, tapi pelaksanaan salat subuh berjamaah dan salat dhuha ASN di masjid Pemda KBB tetap harus ada. Itu sambil berdoa agar virus Corona tidak ada," katanya.

Begitupun dengan semua guru, meskipun saat ini siswanya sudah libur atau belajar di rumah selama 14 hari ke depan, mereka harus tetap pergi ke sekolah terutama yang bertugas pada bagian administrasi.

"Tapi kalau ada guru yang sakit harus tinggal saja di rumah. Kalau yang sehat harus ke sekolah melakukan diskusi dan mengerjakan tugas administrasi," tuturnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi. Menurut Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, penerapan sistem bekerja dari rumah belum bisa dilakukan mengingat infrastruktur penunjang belum siap.

"ASN Kota Cimahi bekerja seperti biasa, tetap datang ke kantor. Karena kalau bekerja di rumah, apakah sistem dan penunjang sudah siap, kan belum. Pelayanan publik juga tetap seperti biasanya, hanya saja ada penyesuaian, seperti menyediakan hand sanitizer, menyemprot disinfektan, dan menggunakan masker," kata Ajay.

Selama 2 pekan ke depan, Ajay juga akan meniadakan kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah banyak, seperti acara seremonial Pemkot Cimahi, Car Free Day, maupun pasar tumpah.

"Kegiatan seremonial pemkot hari ini terakhir, libur dulu selama dua minggu. Termasuk CFD dan pasar tumpah. Hindari dulu kerumunan massa mengurangi kontak langsung antar warga," ujarnya.

(mso/mso)