Cegah Penularan Corona, KKP Anjurkan Masyarakat Konsumsi Ikan

ADVERTISEMENT

Cegah Penularan Corona, KKP Anjurkan Masyarakat Konsumsi Ikan

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 15:57 WIB
Makan ikan ternyata bisa meminimalisir penularan Corona pandemik
Makan ikan ternyata bisa meminimalisir penularan Corona pandemik (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Komunitas Masyarakat Maritim Indonesia (Kommari) terus mengampanyekan gerakan makan ikan. Ternyata, mengonsumsi ikan bisa meminimalisir penularan virus Corona atau Covid-19.

Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri mengatakan kandungan protein yang ada di pada ikan mampu meningkatkan stamina tubuh. Sehingga, lanjut dia, orang yang mengonsumsi ikan bisa meminimalisir penularan virus corona.

"Ya dijamin bebas dari virus corona. KKP jelas menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi ikan," kata Rokhmin kepada awak media usai acara perayaan HUT Kommari di Desa Gebangmekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jabar, Senin (16/3/2020).

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, dikatakan Rokhmin, ikan juga mampu meningkatkan kecerdasan. "Protein ikan itu, mirip dengan protein manusia. Sehingga bagus untuk dikonsumsi. Bisa mencerdaskan, menguatkan dan menyehatkan," kata Rokhmin.

Sementara itu, Direktur Pemasaran KKP Mahmud mengatakan segala jenis ikan memiliki kandungan yang tak jauh berbeda. Ia juga menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi ikan untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

"Kandungan proteinnya di atas 20 persen. Bukan mencegah ya, tapi meningkatkan daya tahan tubuh. Meminimalisir, karena meningkatkan stamina," kata Mahmud.

Mahmud mengatakan tahun ini KKP menargetkan konsumsi makan ikan di Indonesia mencapai 56 kilogram. "Tahun lalu 54,55 kilogram, meningkat dari tahun sebelumnya yakni 50,69 kilogram. Jadi, kita anjurkan masyarakat untuk konsumsi ikan," kata Mahmud.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT