Puluhan Warga Garut Keracunan Usai Santap Hidangan Pernikahan

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 00:33 WIB
Warga Garut Keracunan Hidangan Pernikahan
Petugas mengecek sejumlah warga yang keracunan hidangan pernikahan di Garut. (Foto: dok.Camat Tarogong Kidul)
Garut -

Puluhan warga Garut dilarikan ke rumah sakit lantaran keracunan. Mereka mengalami gejala muntah-muntah dan pusing diduga setelah menyantap hidangan pernikahan.

Puluhan warga yang keracunan itu berasal dari Kampung Astanagirang, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. "Data sementara, ada lebih dari 70 orang," ucap Camat Tarogong Kidul Doni Rukmana, Minggu (15/3/2020) malam.

Doni menjelaskan puluhan warganya tersebut berbondong-bondong ke rumah sakit dan puskesmas sejak Minggu sore. Mereka mengalami gejala serupa, yakni pusing dan muntah-muntah.

"Sebagian besar dilarikan ke puskesmas. Sebagian lain dirawat di rumah sakit. Kami langsung melakukan monitoring di lokasi," kata Doni.

Pihaknya masih melakukan pendataan terkait jumlah warga yang keracunan itu. Mereka diduga keracunan usai menyantap hidangan pernikahan salah satu warga kampung setempat.

"Penyebabnya masih diteliti. Ini masih diduga keracunan hidangan pernikahan, tapi harus kita pastikan dengan pemeriksaan. Sampel makanan sedang diamankan pihak kepolisian," tutur Doni.

(bbn/bbn)